Everyone Can Umrah

Everyone Can Umrah

Arab Saudi Membuka Kembali Layanan Ibadah Umrah Bagi Jamaah Indonesia, Kemenag Pamekasan Bersiap

Kategori : , Ditulis pada : 15 November 2021, 14:06:51

KABAR RAKYAT - Pemerintah Arab Saudi saat ini kembali membuka layanan ibadah umrah untuk jamaah Indonesia, meskipun berada di tengah Pandemi Covid-19 serta dengan berbagai persyaratan tambahan.

Afandi, Kepala Kemenag Pamekasan mengatakan sejak bulan Oktober 2021, pihaknya sudah mendapatkan izin dari pemerintah Arab Saudi mengenai pelaksanaan ibadah umrah untuk warga Indonesia.

“Hingga saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan Pemerintah pusat karena ada beberapa regulasi baru yang harus dilakukan oleh seluruh jamaah Indonesia saat keberangkatan menuju Arab Saudi,” ujarnya saat ditemui pewarta, pada Sabtu, 13 November 2021, siang.

Pemerintah Arab Saudi tetap memberlakukan penggunaan empat vaksin yang diakui Arab Saudi yaitu Pfizer, Astrazeneca, Moderna dan Johnson. Jika jamaah umrah Indonesia belum menggunakan jenis tersebut, maka diwajibkan pemberian dosis ketiga atau booster dengan vaksin yang diakui Arab Saudi.

“Tentunya kami ingatkan kepada Jamaah umrah yang belum melakukan vaksin untuk segera melakukannya, dan disarankan menggunakan jenis vaksin yang digunakan oleh Arab Saudi,” pungkasnya.

Mengenai jadwal keberangkatan Jamaah umrah ke Arab Saudi, pihaknya belum bisa menentukan karena ada beberapa regulasi yang harus diselesaikan.

Calon Jamaah umroh yang menjadi prioritas dalam keberangkatannya ke Arab Saudi yakni calon jamaah yang gagal berangkat di tahun sebelumnya akibat Pandemi Covid-19.

“Hingga saat ini kami masih melakukan beberapa persiapan regulasi baru apalagi nanti akan ada karantina dan pemeriksaan kesehatan bagi Jamaah Umrah saat sampai di Arab Saudi,” tuturnya. 

Menurut Afandi, ketentuan-ketentuan tersebut memunculkan kekhawatiran bagi masyarakat di Pamekasan.

“Ini serba dengan keterbatasan, masyarakat masih mempertimbangkan prosedur protokolnya. Untuk Pamekasan sepertinya akan menunda keberangkatan. Insya Allah kesiapannya sekitar Januari, sedangkan tahun ini masih belum ada informasi untuk memberangkatkan jamaah,” imbuhnya.***

 

Sumber :

https://www.kabarrakyat.id/kabar-news/pr-021640166/arab-saudi-membuka-kembali-layanan-ibadah-umrah-bagi-jamaah-indonesia-kemenag-pamekasan-bersiap?page=all

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id