Everyone Can Umrah

Everyone Can Umrah

5 Hal yang Bisa Anda Persiapkan agar Umrah Tidak Sekedar Menjadi Impian

Kategori : Haji & Umrah, Ditulis pada : 13 Februari 2022, 00:00:35

Bagi umat muslim, berangkat umrah merupakan harapan yang selalu ada dalam pikiran. Mengingat saat ini untuk melakukan haji membutuhkan biaya yang tinggi dan waktu menunggu yang lama, umrah menjadi pengganti untuk mereka yang sudah memimpikan ingin ke Baitullah.

Tapi, keinginan saja tidak akan terealisasi apabila Anda tidak memulai mempersiapkan diri untuk berangkat beribadah umrah. Terutama soal finansial. Apabila tidak ada tujuan yang jelas kapan Anda akan melaksanakan ibadah umroh, Anda tidak akan pernah menyisihkan tabungan khusus untuk umrah. Lalu, bagaimana cara cepat berangkat umroh jika keinginan Anda sudah tidak tertahan? Tenang, kami akan memaparkan triknya buat Anda. Berikut tipsnya!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Niat yang Kuat

Apabila Anda ingin cepat menjalankan ibadah umrah, pasanglah niat kuat-kuat supaya Anda bisa segera berangkat ke tanah suci. Banyak orang yang secara keuangan mampu untuk melaksanakan ibadah umrah, akan tetapi mereka tidak berniat untuk ibadah, lho!

Mungkin karena dari sisi spiritualnya kurang mendapat masukan tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka memilih untuk memprioritaskan hal-hal duniawi seperti membeli rumah, mobil mewah, baju, perabotan, menjalankan hobi, travelling dan seterusnya.

Oleh karena itu, Anda termasuk golongan orang yang beruntung ketika Anda punya niat untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda belum memiliki dana berlebih untuk ibadah umrah, tapi karena kekuatan niat, bukan tidak mungkin Anda dapat berangkat ibadah umrah duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak memiliki niat umrah. Jadi, niat yang kuat adalah modal agar Anda bisa untuk merealisasikan keinginan Anda berangkat umroh dengan cepat. Yakini sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk ibadah umrah, atas seizin Allah.

2)  Cari Informasi Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Langkah kedua yang dapat Anda coba untuk bisa cepat menunaikan umroh adalah dengan mencari tahu tentang umrah. Mulai dari rukun-rukunnya, apa saja doanya, persiapannya, manasiknya, dan semua hal terkait dengan ibadah umrah. Lalu, yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus mempelajari tentang biro travel umrah yang amanah untuk mengurus keberangkatan Anda ke Baitullah. Anda dapat mencarinya sendiri via pencarian daring, membandingkannya dengan beberapa biro travel umrah lain, atau bisa juga minta pertimbangan keluarga dan teman yang sebelumnya pernah melaksanakan umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga bisa menggali informasi seputar umrah dengan cara diskusi dengan teman, keluarga atau konsultasi dengan para ustad yang Anda percaya. Semakin Anda mencari tahu tentang umrah, maka Anda telah memancarkan sinyal yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap diundang ke tanah suci dari Allah SWT. Ini juga ikhtiar supaya dapat segera sampai tujuan lho!

3) Siapkan Dana Tabungan Umrah

Untuk Anda yang belum menyiapkan dana khusus untuk langsung berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa mulai menyisihkan untuk biaya umrah sekarang juga. Yang harus Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan ikhtiar untuk disiplin menabung. Tentukan waktu kapan Anda umrah. Anda harus menentukan target kapan Anda akan berangkat ibadah umrah, supaya ada motivasi untuk memenuhi target tersebut.

Misal, Anda berkeinginan untuk berangkat umrah 3 tahun yang akan datang. Biaya umrah dan lain-lainnya kurang lebih 30-35 juta rupiah. Maka, dengan penghasilan misalnya 3 juta per bulan, Anda harus bisa mengalokasikan sekitar 1 juta per bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Kurun waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki tabungan senilai 36 juta rupiah. Cukup realistis, bukan? Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa memakai dana talangan untuk ibadah umrah dari pihak bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Mohon Restu dari Orang Tua

Ini adalah ikhtiar langit yang bisa Anda terapkan sebagai cara cepat berangkat umrah. Sudah sering yang membuktikan cara ini, dengan ridho dari orangtua atau mertua, keinginan untuk berangkat umroh akan lebih cepat terealisasi. Tentu Anda ingat, kalau ridho Allah juga terletak pada ridho orangtua?

Ungkapkan dengan sungguh-sungguh jika Anda ingin beribadah umrah, bahagiakan kedua orang tua Anda, buat hati mereka bahagia dan mereka pun akan dengan ikhlas mendoakan Anda supaya bisa melaksanakan ibadah umrah.

5) Cerdas Memilih Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat di zaman sekarang ini banyak caranya. Ada yang menempuh melalui cara umrah backpacker, ada pula yang memilih mengikuti paket umrah di masa off peak season supaya mendapat potongan harga yang lumayan. Selain itu, memesan paket umrah secara kolektif juga dapat dijajal untuk mendapatkan potongan harga dari jasa layanan umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih menghemat biaya tanpa mengurangi kualitas pelayanannya.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id