Everyone Can Umrah

Everyone Can Umrah

Penyediaan Layanan Bus Shalawat di Makkah untuk Kemudahan Jemaah Haji

Kategori : Haji & Umrah, Ditulis pada : 05 Juni 2023, 10:16:29

blog 4.jpg

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyiapkan layanan transportasi berupa bus shalawat yang akan mengantar jemaah haji dari hotel mereka di Makkah ke Masjidil Haram, baik pergi maupun pulang. Layanan ini beroperasi selama 24 jam dengan sistem shuttle untuk memberikan kemudahan kepada jemaah dalam menjalankan ibadah.

Menurut Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan PPIH Daker Makkah, Edayanti Dasril, terdapat lima rute bus shalawat di Makkah yang disesuaikan dengan wilayah hotel jemaah dan memiliki tiga terminal, yaitu Syib Amir, Bab Ali, dan Jiad. Rute pertama adalah Mahbas Jin - Bab Ali, yang merupakan rute bersama untuk jemaah dari berbagai negara. Rute kedua adalah Syisyah - Syib Amir, rute ketiga adalah Raudhah - Syieb Amir, rute keempat adalah Jarwal - Syieb Amir, dan rute kelima adalah Misfalah - Jiad.

Edayanti menjelaskan bahwa setiap bus akan dipasangi stiker dengan desain dan warna yang berbeda-beda untuk memudahkan jemaah mengenali bus yang sesuai dengan rute yang ingin mereka tempuh. Stiker tersebut akan berisi informasi mengenai rute, nomor rute, dan warna rute. Hal ini dilakukan agar jemaah yang tidak bisa membaca tulisan rute dapat mengingat nomor atau warna bus sebagai acuan.

Pada tahun ini, bus-bus shalawat yang melayani jemaah di Makkah memiliki warna hijau dan kuning. Oleh karena itu, para jemaah diminta untuk mengenali bus shalawat dengan baik agar dapat memanfaatkannya dengan tepat.

Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), per tanggal 4 Juni 2023 pukul 24.00 WIB, jumlah jemaah dan petugas yang sudah tiba di Kota Madinah adalah 66.273 orang atau 173 kelompok terbang. Edayanti juga mengungkapkan bahwa pada hari tersebut, terdapat 6.214 jemaah atau 16 kloter yang diberangkatkan dari Madinah menuju Makkah untuk melaksanakan ibadah umrah.

 

Source: https://haji.kemenag.go.id/v4/mulai-beroperasi-24-jam-bus-shalawat-siap-angkut-jemaah-haji-dari-hotel-ke-masjidil-haram

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id