Everyone Can Umrah

Everyone Can Umrah

Jemaah Haji Lansia Tetap Sehat, Inilah Strategi Terbaik di Dalam Pesawat

Kategori : Haji & Umrah, Ditulis pada : 13 Juni 2023, 13:25:38

blog_10.jpg

Pada tahun ini 2023, sebanyak 67 ribu jemaah lansia telah diberangkatkan ke Tanah Suci untuk menjalankan ibadah haji. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji dan Tenaga Kesehatan Haji di Arab Saudi terus memberikan imbauan kepada para jemaah agar menjaga kesehatan mereka selama perjalanan, termasuk di dalam pesawat.

Dr. Ane Dwi Sari, dari Pos Kesehatan Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, mengingatkan jemaah haji, terutama lansia, untuk selalu menjaga kesehatan selama perjalanan menuju Arab Saudi.

Ia menyatakan beberapa kekhawatiran terkait kesehatan lansia selama perjalanan 9 jam ke Arab Saudi, seperti kurangnya nafsu makan dan minum serta risiko bengkak pada kaki.

Dalam mengatasi masalah tersebut, dr. Ane menyarankan para petugas agar melibatkan para jemaah dalam aktivitas peregangan atau olahraga ringan di dalam pesawat yaitu gerakan stretching tangan kanan dan kiri, kaki juga digerakkan 8 kali. Tiap gerakan baik tangan maupun kaki 8 kali. Kepala miring ke kanan dan ke kiri juga 8 kali.

Dr. Ane Dwi Sari juga menghimbau para jemaah, terutama lansia, untuk menjaga kesehatan sebelum masuk ke embarkasi, minum obat secara teratur, dan melaporkan keluhan kepada dokter kloter jika ada.

Hingga saat ini, dr. Ane melaporkan bahwa jemaah yang tiba di bandara dalam kondisi sakit mengalami berbagai keluhan seperti dehidrasi, gangguan kesehatan akibat penerbangan, dan memperburuk kondisi sakit jantung akibat perjalanan. Beberapa jemaah yang usianya lanjut juga mengalami kelelahan akibat kurangnya makan atau minum di dalam pesawat dan perjalanan menuju bandara.


Source: https://haji.kemenag.go.id/v4/tipas-cegah-kaki-bengkak-selama-di-pesawat-ala-dr-ane-dwi-sari

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id