Everyone Can Umrah

Everyone Can Umrah

Bacaan Zikir dan Keutamaan Selama 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Kategori : Hajjpedia, Ditulis pada : 20 Juni 2023, 09:00:37

blog 15.jpg

Ilustrasi berzikir menggunakan tasbih.

Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Agama RI, telah menetapkan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari Selasa, 20 Juni 2023. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan amal ibadah. Sebagai bulan terakhir dalam kalender Islam, Dzulhijjah memiliki keutamaan yang luar biasa. Berikut ini adalah bacaan zikir yang dianjurkan selama 10 hari pertama Dzulhijjah.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Nabi SAW bersabda bahwa bulan Dzulhijjah termasuk dalam bulan yang dihormati (asyhurul haram) dan sangat dianjurkan untuk meningkatkan ibadah. Sebagaimana sabdanya:

إِنَّ الزَّمَانَ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Artinya: “Sesungguhnya zaman itu berputar sebagaimana bentuknya semula di waktu Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun itu ada dua belas bulan diantaranya terdapat empat bulan yang dihormati : 3 bulan berturut-turut; Dzulqa’dah, Dzulhijjah dan Muharram serta satu bulan yang terpisah yaitu Rajab Mudhar, yang terdapat di antara bulan Jumada Akhirah dan Sya’ban.”

Selama 10 hari pertama Dzulhijjah, disarankan untuk membaca zikir berikut yang diambil dari hadis yang termaktub dalam Shahih Muslim. Dari sahabat Sa'ad bin Abi Waqash, bahwa ada seorang laki-laki yang datang menemui Nabi dan memohon diajarkan amalan. Rasulullah SAW kemudian bersabda:

لاَ إله إلاَّ اللَّه وحدَهُ لا شرِيكَ لهُ، اللَّه أَكْبَرُ كَبِيرًا، والحمْدُ للَّهِ كَثيرًا، وسُبْحانَ اللَّه ربِّ العالمِينَ، وَلاَ حوْل وَلا قُوَّةَ إلاَّ باللَّهِ العَزيز الحكيمِ، قَالَ: فَهؤلاء لِرَبِّي، فَما لِي؟ قَالَ: قُل: اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وارْحمني، واهْدِني، وارْزُقْني

Artinya: “Tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah satu-satunya, tidak ada sekutu bagi-Nya, Allah Maha Besar dengan sebenar-benarnya, dan segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Maha Suci Allah Rabb semesta alam, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Bijaksana. Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, berilah aku petunjuk dan berilah aku rizki.”

Demikian penjelasan mengenai bacaan zikir yang dianjurkan selama 10 hari pertama Dzulhijjah.


Sumber: https://bincangsyariah.com/zikir-dan-doa/bacaan-zikir-10-hari-pertama-dzulhijjah/

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id