Everyone Can Umrah

Everyone Can Umrah

Kesabaran Nabi Muhammad SAW

Kategori : Khazanah Islam, Ditulis pada : 14 Agustus 2023, 09:00:40

berita 46.jpg

 

Sebagai teladan bagi seluruh umat manusia, Nabi Muhammad SAW mempunyai banyak sekali kualitas luar biasa dalam dirinya. Salah satu kualitas tersebut adalah kesabarannya yang tak terbatas.

Allah SWT sangat menyukai orang yang sabar. Allah senantiasa bersama orang yang sabar sebagaimana Allah selalu bersama kekasih-Nya, Nabi Muhammad SAW. Dalam surat Al-Baqarah ayat 153, Allah SWT berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ
Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (Q.S. Al-Baqarah (2): 153)

Sifat sabar sendiri dapat diterapkan dalam berbagai macam bentuk. Tetap bertahan saat menghadapi penderitaan, sabar saat sesuatu yang kita inginkan tertunda, tetap tabah dalam menghadapi kesulitan, tekun dalam mencapai tujuan, mengendalikan diri saat dihadapi provokasi, menguatkan tekad saat melawan godaan, serta tenang dalam berpikir dan bersikap merupakan beberapa penerapan sifat sabar.

Selain dari beberapa makna yang diungkapkan di atas, sifat sabar dapat kita lihat dan contoh dari Nabi Muhammad SAW. Beliau merupakan teladan terbaik bagi umat manusia. Kesabaran dan ketabahan beliau dalam menghadapi berbagai cobaan dan rintangan merupakan contoh cemerlang dari seorang pria dengan daya tahan yang luar biasa.

Ayahnya meninggal beberapa bulan sebelum kelahirannya; ibunya meninggal ketika beliau baru berusia enam tahun, kemudian beliau dibesarkan oleh kakeknya yang juga mengambil perwaliannya yaitu Abdul Muthalib. Sayangnya, setelah dua tahun dibesarkan oleh kakeknya, Abdul Muthalib meninggal pada umurnya yang kedelapan dan Nabi diasuh oleh pamannya Abu Thalib. Abu Thalib dikenal sebagai orang yang dermawan walaupun hidupnya fakir atau tidak mencukupi kebutuhan sehari-harinya. Hanya dengan keadaan tersebut, Nabi Muhammad SAW dapat berkembang dan tumbuh dengan pamannya. Kemudian beliau hidup dan dibesarkan oleh pamannya Abu Thalib yang juga selalu melindunginya dari ancaman kaum Quraisy.

Kaum Quraisy selalu menentang dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW secara terang-terangan. Bahkan nabi sempat dilemparkan kotoran dan dituduh gila saat berdakwah. Pengikut Nabi Muhammad bahkan sempat diintimidasi oleh paman beliau sendiri yaitu Abu Jahal dan Abu Lahab untuk meninggalkan nabi. Hal itu dilakukan karena kekhawatiran mereka akan rusaknya agama nenek moyang (menyembah berhala) serta hilangnya sumber pencaharian sebagai pemahat dan penjual patung. Nabi Muhammad SAW juga sempat akan dibunuh oleh kaum Quraisy dengan menggunakan segala cara.

Namun pengalaman hidup yang keras ini justru semakin menguatkan dan menyempurnakan imannya, dan beliau semakin berkomitmen pada misinya untuk menyempurnakan akhlak manusia.

Selama 13 tahun hidupnya di Makkah sebagai utusan Allah, ia menghadapi segala bentuk pelecehan, boikot, pengusiran, dan ancaman kekerasan fisik. Namun, Nabi tidak bergerak sedikitpun dari misinya. Ia terus bersikap lembut, perhatian, dan simpatik bahkan kepada musuh-musuhnya.

Kesabaran dan kelembutan Nabi Muhammad SAW membuahkan rasa cinta dan rasa hormat mereka, yang akhirnya membuat seluruh masyarakat Makkah memeluk Islam. Hal tersebut merupakan sebuah prestasi yang tidak dapat dicapai menggunakan kekuatan atau jalan kekerasan. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Qur’an:

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ
Artinya: “Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu.” (QS. Ali-Imran (3):159)

Itulah penjelasan mengenai kesabaran Nabi Muhammad SAW yang luar biasa. Semoga kita semua dapat mencontoh sifat sabar dan lembut beliau dalam kehidupan bermasyarakat. آمِيْن اللّهُمَّ آمِيْن

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id