Everyone Can Umrah

Everyone Can Umrah

Air Zamzam, Doa & Keutamaannya

Kategori : Khazanah Islam, Ditulis pada : 11 Agustus 2023, 09:00:36

berita 18 (1).jpg

Sumur air zamzam. (Foto: Wikimedia Common)

Air zamzam merupakan air yang suci bagi umat Muslim. Dalam sejarahnya, air zamzam pertama kali ditemukan setelah Siti Hajar berlari-lari sebanyak 7 kali dari bukit Shafa ke bukit Marwah bersama dengan anaknya, Nabi Ismail a.s.. Kala itu, Nabi Ismail a.s. yang masih bayi terus menangis karena kehausan. Kemudian atas izin Allah, Nabi Ismail menghentakkan kakinya ke tanah berkali-kali sampai akhirnya muncul mata air yang menyegarkan mereka. Air itulah yang sampai sekarang terus mengalir dan tidak akan pernah kering.

Air zam zam sangat murni sampai aman dikonsumsi langsung tanpa proses pematangan. Para ilmuwan telah membuktikan air zamzam memiliki efek terapeutik dan farmakologis, serta efek perlindungan jaringan sehingga dapat melindungi tubuh dari penyakit. Selain manfaat kesehatan, air zamzam juga dipercaya dapat memberikan keberkahan serta memenuhi keinginan atau hajat yang meminumnya atas izin Allah SWT. Banyak manfaat yang diberikan air zamzam, sehingga air zamzam dijadikan oleh-oleh wajib bagi jemaah haji dan umrah.

Sebelum minum air zamzam, dianjurkan berdoa terlebih dahulu. Berikut ini adalah doa minum air zamzam:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allāhumma innī as’aluka ‘ilman nafi‘an, wa rizqan wasi‘an, wa syifā’an min kulli dā’in.
Artinya, “Ya Allah, sungguh aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.”

Air zamzam merupakan salah satu keajaiban yang Allah SWT ciptakan untuk hambanya. Ada banyak keberkahan yang diberikan air zamzam. Maka dari itu, jangan lupa untuk membaca doa sebelum meminumnya dan berniat kepada Allah untuk mendapat keberkahannya.

messenger icon
messenger icon Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id